Yuk Simak Perbedaan Nitrogen Cair dan Gas Beserta Kegunaannya!

Nitrogen adalah salah satu unsur penting dalam kehidupan yang tidak dapat dilewatkan. Salah satu kegunaan nitrogen yang dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah saat tekanan angin pada ban kendaraan bermotor kita berkurang, pengisian nitrogen untuk ban kendaraan bermotor dengan mudah kita temukan di SPBU Pertamina terdekat. Namun, kegunaan Nitrogen tentu tidak hanya sebatas mengisi tekanan ban saja karena masih banyak kegunaan penting lainnya. Bahkan, mungkin masih belum banyak dari kita yang tahu bahwa Nitrogen juga ada versi cairnya. Nah, artikel hari ini akan membahas perbedaan Nitrogen gas dan cair beserta kegunaannya. Simak terus sampai habis ya!

Apa itu Nitrogen?

 

Source: https://www.dxpe.com/industrial-nitrogen-gas-common-uses-and-products/

Nitrogen adalah sebuah unsur penting yang mendukung kehidupan makhluk hidup di Bumi. Di udara Bumi terdapat kandungan Nitrogen sebesar 78% dan di atmosfer Mars terdapat 2,6% Nitrogen. Oleh karena itu, tidak heran jika Nitrogen menduduki peringkat kelima elemen terbanyak di alam semesta. Dari material organik, makanan, pupuk, hingga bahan peledak dan racun pun mengandung senyawa yang satu ini. University of California pun juga menyatakan bahwa komponen inti dari asam amino (penyusun protein dan asam nukleat) adalah Nitrogen. Nitrogen adalah unsur yang tidak mengandung logam dan beratnya hanya 14,0007 mikrogram. Jika dibandingkan dengan debu, berat Nitrogen hanya 0,0000001% dari debu.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah,  ini Bedanya Oksigen Medis dan Oksigen Industri

Jenis-jenis Nitrogen

Nitrogen terdiri dari 2 jenis, yaitu gas dan cair.

1. Nitrogen Gas

Nitrogen yang satu ini tentu sering kita jumpai. Biasanya Nitrogen Gas dikemas dan disimpan dalam tabung baja atau alumunium. Ukurannya pun bervariasi. Ada 3 tingkat kemurnian dalam Nitrogen Gas, yaitu:

  • WG atau Welding Grade (Industrial Grade). Nitrogen dengan tingkat kemurnian ini digunakan secara luas dalam berbagai industri, seperti pada pulverising (penghancuran limbah), tunnel freezer (sistem pendingin kriogenik), pengeboran minyak, baja, dan sebagainya.
  • HP atau High Purity Grade. Nitrogen HP termasuk nitrogen yang food grade dan digunakan dalam pemrosesan makanan. Tujuannya untuk menjaga keawetan makanan dan mencegah terjadinya pembusukan. Nitrogen HP berfungsi mengurangi efek oksidasi dari oksigen terhadap makanan yang dapat mempersingkat umur simpan makanan tersebut. 
  • UHP atau Ultra High Purity Grade (tingkat kemurnian 99,999%). Nitrogen UHP digunakan di industri farmasi, medis, serta untuk kromatografi gas. Dalam industri farmasi dan medis, Nitrogen UHP digunakan dalam proses produksi bahan kimia kering dan obat-obatan.

    2. Nitrogen Cair

    Nitrogen cair atau LIN biasa digunakan pada makanan, contohnya dalam pembuatan es krim. Ada 3 tempat kriteria wadah untuk menyimpan LIN, yaitu:

    • Tabung Dewar: menampung LIN antara 20 hingga 50L. Bahkan selain dengan tabung dewar, LIN juga dapat ditampung dalam botol vakum kemasan 500ml.
    • Tabung Vessel Gas Liquid (VGL): menampung LIN di kisaran 175-190L hingga 500L.
    • Cryogenic Tank: menampung LIN 1000L atau di atas 1000L.

          Nitrogen Cair dan Pengaplikasiannya

          Source: https://www.howtocookthat.net/public_html/liquid-nitrogen-ice-cream-recipe-dippin-dots/

          Nitrogen cair tidak memiliki warna dan bau. Penampakannya hanya seperti air biasa. Melalui proses tertenu, Nitrogen yang tadinya berbentuk gas dapat dipisahkan dari kompenen udara yang lain dan diubah menjadi cairan yang disebut dengan Nitrogen Cair. Nitrogen Cair ini tidak bersifat korosif serta tidak mudah terbakar. Nitrogen Cair juga harus disimpan dalam kondisi tekanan sangat tinggi dengan suhu yang sangat rendah untuk menjaga bentuk cairnya. 

          Nitrogen cair memiliki titik didih di suhu -196 derajat celcius dan akan berubah kembali menjadi gas ketika kontak dengan benda lain yang suhunya lebih tinggi. Karena suhunya sangat dingin, Nitrogen Cair banyak digunakan di industri makanan, minuman, farmasi, kesehatan, dan olahraga.

          Salah satu aplikasi Nitrogen cair dalam industri makanan dan minuman adalah jajanan kekinian yang sempat viral beberapa tahun silam, yaitu es krim nitrogen. Adonan es krim yang semula berbentuk hanya cairan saja dapat berubah seketika menjadi es krim karena adanya penambahan Nitrogen Cair ini. 

          Baca Juga : ini Dia Sejarah Di Temukannya Oksigen

          Selain itu, berikut beberapa pengaplikasian Nitrogen Cair dalam kehidupan sehari-hari:

          • Untuk mendinginkan peralatan
          • Krioterapi untuk terapi kulit abnormal
          • Bahan pendingin untuk mesin di berbagai industri
          • Membekukan makanan beku
          • Menyimpan sel pada suhu rendah untuk pekerjaan laboratorium
          • Kriopreservasi darah, sel reproduksi (sperma dan sel telur), serta sampel biologis lainnya
           

          Nitrogen Gas dan Pengaplikasiannya

          Source: freepik

          Sama halnya seperti Nitrogen Cair, Nitrogen Gas juga tidak berwarna dan tidak berbau. Nitrogen Gas tidak menopang kehidupan, namun berperan penting dalam pertumbuhan tanaman dan tambahan utama dalam pupuk. Nitrogen Gas pertama kali ditemukan oleh Daniel Rutherford, seorang ahli kimia dan fisika, di tahun 1772 ketika ia memisahkan oksigen dan karbon dioksida dari udara. Ilmuwan lain, Carl Scheele dan Joseph Priestly, menyebut Nitrogen Gas sebagai udara tanpa oksigen. Nitrogen Gas ini terletak di lapisan atmosfer bumi dengan jumlah mencapai 78%. Tidak seperti oksigen, Nitrogen tidak bereaksi ketika terkena gas lain. Hal itu disebabkan karena atom Nitrogen Gas butuh lebih banyak energi untuk dipecah atau untuk dapat bereaksi dengan zat lain. 

           

          Berikut adalah beberapa pengaplikasiannya Nitrogen Gas:

          • Pressuring gas pada industri kimia untuk mendorong cairan pada pipa
          • Memompa ban
          • Membantu tanaman dalam memproduksi protein, klorofil, dan DNA.
          • Untuk produksi pupuk, pengolahan minyak dan gas.
          • Membantu aplikasi laser cutting
          • Mencegah oksidasi dalam produksi baja

           

                    Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

                    Penggunaan Nitrogen dalam kehidupan sehari-hari kadang tidak bisa dihindari. Berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat menggunakan Nitrogen:

                    • Pastikan Nitrogen Cair sudah menguap seluruhnya sebelum dimakan, jangan sekali-sekali mengkonsumsi makanan dengan nitrogen cair dalam kondisi berasap
                    • Nitrogen cair tidak boleh disentuh secara langsung
                    • Ketika mengisi Nitrogen Gas pada ban kendaraan bermotor, pastikan ban dalam keadaan dingin.
                    • Ketika mengisi Nitrogen Gas pada ban kendaraan bermotor, pastikan kadar Nitrogen harus di atas 96%. Jika dibawah itu, dikategorikan sebagai angin atau udara biasa dan bukan Nitrogen
                    • Selalu terapkan proses sanitasi, pastikan tangan selalu bersih.
                    • Ketika menggunakan Nitrogen Cair untuk keperluan makanan dan minuman, pastikan sudah Food Grade.

                              Anda membutuhkan suplai Nitrogen?

                              Source: Dokumen Pribadi

                              CV. Erka Jaya Gas siap melayani kebutuhan Anda. Kami merupakan produsen dan distributor berbagai macam produk gas untuk segala kebutuhan Anda. Mulai dari gas oksigen, argon, karbon dioksida, nitrogen, helium, acetylene, dan nitrogen dioksida dalam bentuk kemasan tabung baja silinder untuk kebutuhan medis dan industri. Percayakan kebutuhan produk gas Anda bersama CV. Erka Jaya Gas.